6 Sumber Peminjaman Modal Usaha Untuk Mahasiswa Dan Umum

6 Sumber Peminjaman Modal Usaha Untuk Mahasiswa Dan Umum

6 Sumber Peminjaman Modal Usaha Untuk Mahasiswa Dan Umum merupakan solusi bagi para startup muda atau mahasiswa yang terbentur dengan masalah pencarian modal untuk memulai usahanya. Berikut ini list sumber peminjaman modal usaha untuk mahasiswa dan umum:


1. Keluarga dan teman

Apabila usaha yang akan dilakukan merupakan usaha kecil yang tidak membutuhkan banyak modal. strategi pendanaan melalui pinjaman dengan orang tua, kakak, om, tante or teman bisa dijadikan pilihannya. 

Tapi yang harus diingat perlu ada pembahasan mengenai syarat dan ketentuan terkait hal-hal peminjamaan termasuk ketentuan pelunasan.


2. Crowdfunding

6 Sumber Peminjaman Modal Usaha Untuk Mahasiswa Dan Umum

Crowdfunding adalah model pendanaan baru dengan menggalang dana dari sejumlah besar pengguna. Dengan menggalang sejumlah kecil dana dari banyak orang, anda bisa mencapai akhir dana yang diinginkan.

Meski jumlah crowdfunding individu relatif kecil, dengan mengumpulkan sejumlah orang yang ingin berinvestasi, anda bisa mendapatkan jumlah dana yang diinginkan. Ini merupakan keuntungan utama crowdfunding.

Crowdfunding juga merupakan sarana pemasaran yang dapat membantu mendapatkan banyak prapenjualan dan konsumen. 

Kickstarter, IndieGogo, Peerbackers, dan Startup Addict merupakan platform terkenal untuk crowdfunding di Amerika Serikat. Ada juga platform serupa seperti SeedAsia, ToGather.asia. Sedangkan diIndonesia kita punya kitabisa.com, wujudkan.com, dan lainnya.


3. Angel investor

Angel investor adalah orang-orang kaya yang bersedia mendanai startup yang baru dirintis. Angels memberikan investasi dalam jumlah beragam, mulai dari jutaan sampai dengan ratusan juta rupiah. Angels familiar dengan industri tempat mereka berinvestasi maka mereka cenderung memberikan saran dan menghubungkan anda dengan venture capital koneksi mereka.


4. Inkubator (akselerator)

Sumber Pinjaman Modal Usaha Untuk Mahasiswa Dan Umum lainnya adalah inkubator. Inkubator adalah organisasi yang menyediakan program untuk kesuksesan sebuah startup dan ruang perkantoran (coworking space). Pada tahun-tahun belakangan, jumlah inkubator yang memberikan investasi meningkat. Inkubator paling terkenal di Slicon Valley adalah Y-Combinator dan 500Startups.


5. Venture Capital

Seorang venture capitalist merupakan jenis investor yang berinvestasi pada startup. Venture capitalist mendapatkan saham dari startup tempat mereka beinvestasi dan mendapatkan keuntungan dengan menjual saham tersebut dengan harga yang lebih tinggi pada masa depan.

Jika anda mendapatkan pendanaan dari perusahaan venture capital, anda akan mendapatkan keuntungan, seperti pengetahuan tentang bisnis yang unggul dan akses ke jejarung bagi industri anda. 


6. Rekanan Strategis

Bentuk dari rekanan Strategis ini bisa berbagai macam. Salah satunya mengakuisisi perusahaan sehingga menjadi lebih besar dan meraup pasar lebih luas. Jika dalam skala kecil. Rekanan Startegis merupakan kerja sama dengan orang lain untuk mengembangkan usaha yang sedang dilaksanakan. Setiap rekanan memiliki kepentingannya masing-masing, tapi tujuannya tetap satu yaitu mengembangkan usaha dan menghasilkan profit yang lebih besar lagi.

Untuk para pengusaha pemula rekanan startegis bisa dijadikan salah satu solusi untuk mengumpulkan dana yang dibutuhkan saat operasional 3 bulan pertama. Sebaiknya rekan bisnis tidak lebih dari 3 orang. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di artikel seluk beluk mitra bisnis strategis 

Demikian artikel tentang 6 Sumber Peminjaman Modal Usaha Untuk Mahasiswa Dan Umum. Semoga bisa bermanfaat bagi yang sedang merencanakan Bisnis Startup. 


Ruang Bisnis