Pengiriman Barang Lewat Drone Pertama di Jakarta Melalui Aplikasi Qlue-Jek

Pengiriman Barang Lewat Drone Pertama di Jakarta Melalui Aplikasi Qlue-Jek

Awal munculnya drone digunakan sebagai mata-mata atau pengintai pada saat perang dan juga untuk melihat daerah bencana. Saat ini alat drone memiliki fungsi yang lebih luas, seperti mainan anak-anak dan merekam panorama alam pada saat liburan. harga yang dijual pun beragam mulai ratusan ribu rupiah sampai dengan puluhan juta rupiah. 

Salah satu startup besutan anak Indonesia Qlue yang memiliki tag line solusi smart city, melihat ada nilai lebih yang bisa dimanfaatkan dari alat drone ini. Dengan adanya permasalahan yang pelik tentang kota jakarta di kemacetan lalu lintas. Pengiriman dokumen, barang, makanan, paket atau pengiriman barang dari belanja online yang membutuhkan waktu cepat di area Jakarta. Qlue memberikan satu solusi untuk jasa pengiriman barang menggunakan drone melalu aplikasi yang diberi nama QLUE-Jek

Barang atau paket yang bisa dikirim melalui aplikasi QLUE-Jek ini mencapai 5 kg, dengan jarak maksimum 25 km. Drone yang digunakan menggunakan gabungan remote control serta virtual reality sehingga dapat terdeteksi posisi drone tersebut. Drone ini juga mampu menangkap foto-foto untuk mengetahui keadaan kota dari atas yang akan terintegrasi dengan Qlue.  Yang hebatnya lagi drone QLUE-Jek di operasikan seorang mantan pilot helikopter, perangkat tambahan sang Pilot yaitu alat semacam V-gear Samsung untuk melihat kondisi disekitar drone. Drone ini memiliki speaker sehingga bisa berkomunikasi dua arah pada merchant ketika melakukan transaksi order. Belum diinfokan seperti apa mekanisme pengiriman ketika hujan deras, apakah aplikasi QLUE-Jek ini masih bisa menerima orderan atau tidak. Semoga saja ada teknologi dari QLUE-Jek untuk mengatasi solusi tersebut.

Pengiriman Barang Lewat Drone Pertama di Jakarta Melalui Aplikasi Qlue-Jek

Dari pihak Qlue sendiri belum memberitahukan tanggal pasti kapan akan di launching aplikasi QLUE-Jek ini. Rama Raditya yang merupakan Founder & CEO Qlue hanya memberikan informasi bahwan aplikasi QLUE-Jek akan launching dalam waktu yang sangat dekat. Sebelumnya Qlue sudah mengeluarkan aplikasi yang bernama Qlue, yang merupakan social media untuk memberikan informasi dari masyarakat kepada pemerintah atau pihak swasta atas keluhan yang terjadi di sekitar kota Jakarta, seperti jalan macet, jalan terhalang oleh pohon tumbang, jaringan wifi First Media terputus, dll. Semoga QLUE-Jek bisa menjadikan inspirasi bagi startup Indonesia untuk menghasilkan karya-karyanya yang lebih inovatif dan bermanfaat bagi warga Indonesia. Aamiin.

Ruang Digital, Ruang Ilmu Pengetahuan Umum.