Menjelajah Taman Nasional di Pulau Sumatera

Diantara kita kerap melakukan perjalanan wisata keliling dunia, padahal di Indonesia sendiri banyak tempat-tempat menarik (taman nasional) yang patut dikunjungi. Tercatat ada Lima Puluh taman nasional yang di resmikan pada tahun 2004. Enam dari situs tersebut merupakan Situs Warisan Dunia dan sembilan taman nasional lainnya masuk ke dalam World Network of Biosphere ReserveTaman nasional merupakan tempat pelestarian alam dengan ekosistem asli yang dikelola menggunakan sistem zonasi bertujuan untuk pariwisata, rekreasi, pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya. Pada artikel Taman Nasional Jilid I ini akan membahas Taman Nasional di Pulau Sematera:

1.Batang Gadis, luas total taman nasional ini mencapai 1.080 km2 yang terdiri atas Hutan Lindung, Hutan Produksiii Tetap dan Huutan Prooduksi Terbatas. Di bentuk pada tanggal 2 Maret 2004 Oleh Gurbernur Sumatra Utara. Batang Gadis merupakan nama sungai yang membelah daerah Kabupaten Madina.  

Menjelajah Taman Nasional di Pulau Sumatera



2. Berbak, yang berlokasi di pesisi Timur Sumatra (tidak jauh dari Jambi) memiliki luas mencapai 1.627 km2 dan masuk ke dalam situs Lahan Basah internasional pada tahun 1992. Taman nasional Berbak memiliki berbagai macam jenis tanaman langka. Beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi di taman nasional Berbak yaitu:
Air Hitam Dalam, disediakan pondok-pondok bagi wisatawan yang ingin bermalam.
Sei Cemara, wisatawan dapat melihat sekelompok burung-burung yang mencari makan dan pada waktu-waktu tertentu wisatawan dapat melihat atarksi budaya yang berapa di luar taman nasional Berbak dan biasanya diadakan pada bulan April.

Menjelajah Taman Nasional di Pulau Sumatera



3. Bukit Barisan Selatan, taman nasional ini masuk ke dalam unit situs warisan dunia dan pada tahun 1999 ditetapkan sebagai taman nasional. Bukit Barisan Selatan memiliki luas 3.650 km2 berlokasi di provinsi Lampung. Bukit Barisan Selatan terkenal akan kayanya flora dan fauna.

Menjelajah Taman Nasional di Pulau Sumatera



4. Bukit Duabelas. Kawasan Taman Nasional ini memiliki luas area sebesar 605km2 yang berlokasi di jambi tepatnya di 3 kabupaten diantaranya Batanghari, Sarolangun, dan Tebo. Ditetapkan sebagai taman hutan nasional pada tahun 2003.  Dengan keberagaman flora fauna dan masih adanya orang rimba, Taman Nasional Bukit Dua Belas menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi tempat ini.

Menjelajah Taman Nasional di Pulau Sumatera



5. Bukit Tiga Puluh, berlokasi antara Provinsi Jambi dan Riau. Taman Nasional ini memiliki keragaman hayati paling tinggi di dunia dan merupakan tempat tinggal satwa khas Sumatera yang diantaranya harimau, orangutan dan gajah. Luas bukit tiga puluh mencapai 1.277 km2 dan di tetapkan menjadi taman nasional pada tahun 1995.

Menjelajah Taman Nasional di Pulau Sumatera



6. Gunung Leuser. Namanya menjadi sangat terkenal ketika Leonardo Dicaprio berkunjung ke tempat tersebut. Luas taman nasional ini mencapai 7.927km2. Tahun 1981 ditetapkan sebagai cagar biosfer dan pada tahun 2004 ditetapkan sebagai World Heritage. Taman Gunung Leuser merupakan tumpuan masyarakat Aceh dan Sumatera Utara sebagai penyuplai air.

Menjelajah Taman Nasional di Pulau Sumatera



7. Kerinci Seblat. Taman Nasional Kerinci Seblat terletak di Provinsi Sumatera Barat dengan luar 13.750km2. Sama dengan Gunung Leuser, Kerinci Seblat masuk kedalam situs warisan dunia dan tahun 1999 di tetapkan sebagai salah satu taman nasionalTaman nasional ini berada pada 800 meter diatas permukaan laut.

Menjelajah Taman Nasional di Pulau Sumatera



8. Sembilang.  Di tetapkan sebagai taman nasional pada tahun 2001 dan merupakan situs ramsar, memiliki luas sebesar 2.051 km2.  Dibutuhkan waktu 5 jam dari kota Palembang dengan perjalanan darat untuk menuju Pelabuhan Tanjung Api-api. Selanjutnya melanjutkan perjalanan sungai dengan speed boad. 

Menjelajah Taman Nasional di Pulau Sumatera



9. Siberut. Taman nasional yang terletak di Sumatera barat ini 65% areanya terdiri atas hutan hujan. Taman nasional yang memiliki luas 1.905 km2 di tetapkan menjadi taman nasional pada tahun 1992 dan menjadi world network of biosphere reserve. Berbagai macam jenis anggrek tumbuh di Siberut. Salah satu anggrek yang sangat terkenal tumbih di Sirebut adalah Anggrek Bulan Putih.

Menjelajah Taman Nasional di Pulau Sumatera



10. Tesso Nilo terletak di provinsi Riau dengan luas wilayah 386 km2 dan ditetapkan menjadi taman nasional pada tahun 2004.  Tesso Nilo merupakan hutan dataran rendah yang merupakan habitat harimau Sumatera dan Gajah. Dari hasil riset ditemukan lebiih daru empat juta hektar atau berkisar 65% hutan telah hilang sehingga populasi gajah Sumatera terus menurun dalam kurun waktu 25 tahun terakhir.

Menjelajah Taman Nasional di Pulau Sumatera



11. Way Kambas, taman nasional ini memiliki keunikan sebagai tempat pelatihan pertama gajah yang ada di Indonesia. Way Kambas ditetapkan menjadi taman nasional pada tahun 1989 dan memiliki luas area 1.300 km2. Selain ada pelatihan gaja di Way Kambas terdapat juga pengembangbiakan Badak Sumatera.

Menjelajah Taman Nasional di Pulau Sumatera


Bagi yang berminta menjelajahi taman nasional di pulau Sumetar silahkan contact di contact us. Siapa tau jadwalnya bisa samaan.

Ruang Traveling