Menjelajah Taman Nasional Di Maluku dan Papua

Pada artikel sebelumnya yang menceritakan taman nasional jiilidI telah di bahas tentang taman nasional yang berada di Sumatera. Sekarang kita menuju ke taman nasional yang ada di Maluku dan Papua (taman nasionall jiliid II). Keliatannya akan menarik sekali kalo menghabiskan liburan 3-5 hari ke taman-taman nasional disana. Langsung aja kita lihat listnya:


1. Aketajawe – Lolobata

Menjelajah Taman Nasional Di Maluku dan Papua

Berada di Halmahera tepatnya Maluku utara, Aketajawe - Lolobata memiliki luas 1673 km2 dan ditetapkan menjadi taman nasional tahun 2004.


Aketajawe-Lolobata adalah kawasan lindung yang terbagi atas Huutan Liindung Akeetajawee dan Huutan Lindung Loolobataa.
Menajdi pulau terbesar di Maluku Utara, Halmahera memiliki keanekaragamaann:
  • Biotik, Maluku Utara memiliki 2 marga tumbuhan berbunnga endemik.
  • Flora,  memiliki keanekaragaman hayati seperti  bintanguer, damar, matoa, kenari, nyatoh, merbau, dan benuang.
  • Fauna, memiliki 51 macam mamalia, 243 jenis burung, dan berbagai macam reptil.

Untuk objek wisatanya sendiri anda bisa melihata keindahan pemandangan alam yang masih asri, air terjun, melihat sekelompok burung yang berterbangan di habitat asalnya.

Menjelajah Taman Nasional Di Maluku dan Papua


Untuk mencapai ke lokasi Lolobata juga tidak terlalu sulit dengan menyewa speed boat dari Ternate kurang dari 1 jam kemudian dilanjutkan dengan masih moda transportasi laut tapi kali ini menggunakan kapal laut ke Poli kira-kira kurang dari 2 jam.

Sedangkat untuk mencapai Aketajawa, anda bisa menggunakan speed boat kurang dari 2 jam dari Ternate, selanjutnya melewati transportasi darat ke Gita kira-kira 3 jam dan lanjut lagi ke Hijrah masih menggunakan transportasi darat selama kira-kira 3 jam. Agak panjang juga perjalanan menuju Aketajawa, tapi akan terbayar ketika melihat panorama alamnya.


2. Lorentz

Menjelajah Taman Nasional Di Maluku dan Papua


Lorantz di tetapkan menjadi taman nasional tahun 1997 dan memiliki luas 25.050 km2. Lorentz merupakan salah satu yang mempunyai keanekaragaman hayati di area wilayah Asia Pasific dan taman nasional terbesar di wilayah Asia Tenggara.  Nama Lorentz sendiri berasal dari nama seorang penjelajah dari Belanda, Hendrikus Lorentz yang menemukan tempat ini di tahun 1909.  

Taman Nasional ini terbentang dari gunung jayawijaya yang memiliki ketinggian 5.030 mdpl. Puncak gunung ini diselimuti oleh salju abadi sampai ke pesisirr pantai yang mempunyai hutan bakau di area laut arafura.

Taman nasional ini memiliki keanekaragaman yang tinggi dan kebudayaan tua yang masih ada sampai sekarang. Tercatat ada 9 suku berada di area tersebut. Diperkirakan ada masyarakat yg masih hidup di hutan belantara tersebut. Kalo anda sempat ke tempat ini, harus menemukan mereka, biar afdol trip nya.


3.Manusela

Menjelajah Taman Nasional Di Maluku dan Papua

Manusela ditetapkan menjadi taman nasional pada tahun 1982 dan memiliki luas 1.890 km2. Taman nasional ini berada di Maluku, terdapat gunung yang memiliki ketinggian 3.027 meter di taman nasional ini. Terdapat 100 lebih jenis burung. Manusela terdiri atas hutan hujan dataran rendah, huutaan rawaa dan hutaan hujann pegunungan.

Objek wisata yang bisa dinikmati diantaranya:
  • Pasahari, wisatawan bisa melihat rusa dan berbagam macam jenis burung disini.
  • Tepi Markele, Wae Kawa, bagi wisatawan yang senang olah raga outdoor panjat tebing akan menikmai nuansa di tepi Markele.
  • Pilana, terdapat berbagai macam kupu-kupu di hutan ini.
  • Gunung Binaya, wisatawan yang memiliki kegemaran mendaki atau jelajah hutan akan dimanjakan di tempat ini, terdapat juga air terjun.

Taman nasional ini patut dijadikan next destination bari para traveler termasuk juga saya ^_^.


4. Teluk Cendrawasih

Menjelajah Taman Nasional Di Maluku dan Papua

Di tetapkan menjadi taman nasional pada tahun 2002 dan memiliki luas 14.535km2. Teluk Cendrawasih adalah taman nasional yang memiliki perairan laut terluas yang ada di Indonesia yang terdiri atas perairan laut, terumbu karang, pulau2 dan pesisir pantai.

Taman nasional yang berada di Provinsi Papua barat ini memiliki hiu pauss terbesar di dunia. Menurut artikel yang pernah saya baca wisatawan dapat berenang dan menemukan hiu raksasa ini.

Menjelajah Taman Nasional Di Maluku dan Papua

Selain hiu terdapat juga berbagai macam lumba-lumba, dugong, penyu dan ratusan jenis ikan. Untuk snorking disini wisatawan tidak perlu merogoh koceng dalam-dalam hanya Rp15.000 sudah bisa menikmasti keindahan teluk cendrawasin dan diving Rp 25.000.


5. Wasur

Wasur ditetapkan menjadi taman nasional pada tahun 1990. Luas wilayah taman nasional ini mencapai 4.138 km2. Taman Nasional Wasur memiliki lahan basah yang paling besar di Papua. 70% dari taman nasional ini terdiri atas sabana, sisanya hutan rawa-rawa, hutan pantai, hutan sagu dan hutan bambu.

Menjelajah Taman Nasional Di Maluku dan Papua

Untuk menuju ke taman nasional Wasur waktu yang dibutuhkan kurang dari 2 jam dari jayapura ke marauke. Selanjutnya dari Marauke ke taman nasional ini menggunakan transportasi darat kira-kira 2 jam. Wasir merupakan salah satu situs dunia yang memiliki berbagai tempat wisata yang patut dikunjungi, diantaranya:
  • Rumah rayap, tingginya sampai dengan 5 meter yang terbuat dari rumput serta lumpur yang dibangun oleh rayap.
  • Ekosistem hayati,  Flora dan Fauna.
Wisatawan akan mudah berjumpa dengan satwa seperti kanguru pohon, kasuari gelambir, kesturi raja, cendrawasih raja, buaya air asin, buaya air tawar dan dara mahkota/mambruk. 


Ruang Traveling