Mengapa Di Kapal Perlu Ada PMS (Planned Maintenance System)??

Mengapa Di Kapal Perlu Ada PMS (Planned Maintenance System)??


Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki berbagai macam peluang usaha di industri Maritim. Contohnya distribusi barang antar pulau dan angkutan penumpang yang memiliki nilai ekonomis paling tinggi dibandingkan moda transportasi lainnya.

Sebagian besar Perusahaan Pelayaran dan Pemerintah Indonesia kerap mengalami kendala dalam merawat dan menjaga performance dari kapalnya yang menyebabkan utilitas kapal menurun, keuntungan perusahaan berkurang bahkan mengalami kerugian, putus kontrak dengan penyewa kapal, armada tidak dapat digunakan saat dibutuhkan, dan banyak dampak lainnya.

Kepedulian para Pemilik Kapal terhadap hal-hal yang pada awalnya dianggap remeh, tapi apabila tidak segera diselesaikan, di waktu yang akan datang akan berdampak fatal. Contohnya maintenance atau perawatan kapal, terutama pada Perusahaan Pelayaran yang mengoperasikan Tug & Barges. 

Untuk Perusahaan Pelayaran kelas ini masih sangat minim kepeduliaan akan perawatan kapal dan menerapkan sistem perawatan kapal yang benar baik itu menggunakan sistem manual ataupun menggunakan software. Akibat dari hal tersebut akan memberikan dampak buruk pada kapal dan juga Perusahaan, sehingga sering muncul pertanyaan-pertanyaan dari Top Management Perusahaan Pelayaran tentang operasional kapalnya.

Mengapa Di Kapal Perlu Ada PMS (Planned Maintenance System)??

Mari kita kupas satu persatu pertanyaan diatas:

Mengapa Di Kapal Perlu Ada PMS (Planned Maintenance System)??

  • Ini kenapa kapal jadi mogok terus? Terdapat beberapa penyebab dari hal tersebut: part yang memang sudah waktunya harus diganti dengan yang baru tapi masih dipertahankan, penggunaan bahan bakar dengan kualitas tidak baik,  cara operator atau crew dalam mengoperasikan Mesin kapal dan equipment tidak berpedoman dengan prosedur kerja
  • Kenapa tidak dikerjakan repair dari kemarin ya?. Kebiasaan menunda waktu perbaikan dan penggantian part sebenarnya pada akhirnya akan menyebabkan kerugian lebih besar pada kemudian hari. Sebagai contoh: kapal tidak beroperasi saat harus repair (pada kasus ini tidak dapat dilakukan running repair) yang berakibat kapal tidak dapat menghasilkan profit, dan bisa jadi kapal diputus kontraknya karena tidak memenuhi standard atau requirement yang dibuat oleh penyewa kapal.
  • Mengapa lama sekali Dockingnya?. Pertanyaan ini kerap muncul saat kapal sedang dock di galangan. Lamanya waktu kapal dock sering disebabkan oleh tidak dicicilnya pekerjaan yang seharusnya bisa dikerjakan sebelum kapal naik dock atau kata lainnya perawatan/maintenance yang kurang baik) sehingga pekerjaan maintenance menumpuk saat kapal dock. Penyebab lainnya yaitu tidak ada persiapan yang baik pada saat membuat docking list dan kesiapan dalam ketersediaan spare part yang digunakan ketika docking.
  • Apa kapal ini harus off-hired hanya karena menunggu spare part diganti?. Hal ini kerap terjadi pada Perusahaan Pelayaran yang tidak mempunyai Planned Maintenance System atau PMS.
  • Mengapa harga kapalnya menjadi murah ya?. Inilah merupakan dampak yang terburuk sang pemilik kapal, ketika akan dijual kembali kapalnya. Harga kapal tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan. Ada Kemungkinan calon pembeli merasa ragu terhadap kualitas kapalnya karena pencatatan atau record perawatan kapal tidak ada.

Dari permasalah diatas, bisa disimpulkan bahwa sebenarnya Perusahaan Pelayaran membutuhkan suatu sistem perawatan kapal yang efektif dan efisien.

Untuk software perawatan kapal atau PMS sendiri sudah banyak beredar di pasaran internasional seperti AMOS, BassNet, Transnautic, NS5, dll. Di Indonesia sendiri sudah ada PMS karya anak bangsa yang bernama CI8 yang dapat dioperasikan secara intranet atau pun online (browser, Android dan IOS).

Manfaat dari penggunaan software CI8 adalah sebagai berikut:
  • Paperless Administration
  • Traceable
  • Updated Maintenance & Certificate Schedule
  • KPI of Vessel and Maintenance Team
Untuk lebih jelasnya bisa mengunjugi website IndonesiaMarine Home.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca dan bisa berbagi pengalaman tentang perawatan kapal di kolom komentar.


Ruang Marine