Apa Sih Kunci Sukses Aplikasi Dropbox??

Apa Sih Kunci Sukses Aplikasi Dropbox??
Dropbox adalah sebuah Perusahaan yang bergerak dalam penyimpanan data yang berbasis cloud. Dulu kebanyakan orang menyimpan data file datanya dengan  menggunakan flah disk, sedangkan sekarang kita bisa menyimpan data-data kita menggunakan sebuah platform yang dapat diakses dimanapun selama ada akses internet, yang dinamakan Dropbox.

Kekuatan dari Perusahaan Dropbox adalah mampu mendefinisikan permasalahan dan kendala-kendala yang dialami dengan jelas. Ini lah yang memegang peranan penting bagi Dropbox untuk bertahan dan meraih kesuksesan hingga saat ini. Diawal peluncuran Dropbox banyak sekali kendala yang dihadapi untuk mendapatkan pengguna atau konsumen yang mau menggunakan Aplikasi Dropbox.

Ditahap pengembangan awal para pendiri Dropbox tidak melakukan pengembangan softwarenya, tapi mulai dengan melihat tujuan diawal pendirian perusahaan dan memahami betul apa sebetulnya kebutuhan dari konsumen. Setelah melakukan beberapa riset mengenai kebutuhan konsumen. Dropbox menemukan 2 hal penting:

  1. Aplikasi Dropbox sudah memenuhi kebutuhan dari konsumen yang menggunakannya, berdasarkan dari komentar dari para pengguna Dropbox.
  2. Para konsumen sulit menemukan apa itu aplikasi Dropbox melalui internet (search engine). Sebagian besar pengguna Dropbox mengetahui aplikasi dropbox melalui mulut ke mulut.

Hasil Riset ini menunjukkan bahwa Dropbox memenuhi harapan dan kebutuhan konsumen, sedangkan rendahnya perhatian pada Dropbox disebabkan oleh rendahnya pengetahuan bahwa teknologi semacam ini ada. Startegi pemasaran pertama Dropbox pada saat itu adalah search engine optimization (SEO). 

Setelah studi ini Dropbox melakukan perubahan, Dropbox beralih fokus dari promosi dari mulut ke mulut. Jika Perusahaan bisa fokus pada menyebarkan informasi tentang penyimpanan berbasis cloud, Dropbox akan mendapatkan konsumen lebih banyak lagi.

Akibatnya, dropbox mengubah strategi pemasarannya ke pendakatan yang melibatkan konsumen. Alih-alih terus menggunakan SEO, Dropbox mendorong ulasan dari konsumennya pada situs-situs komunitas untuk meningkatkan kesadaran akan akan adanya produk layanan tersebut. 

Dropbox membuat  video tiga menit pada situs-situs teknologi seperti digg.com dan Hac*er News. Berkat ditarapkannya sistem strategi pemasaran baru, perusahaan ini mampu meningkatkan jumlah penggunanya dari 5.000 menjadi 3juta pengguna. Wow dahsyat sekali.


Beberapa startup berfikir produk mereka tidak memenuhi kebutuhan konsumen dan langsung saja menutup bisnis mereka. Studi singkat terhadap verifikasi konsumen pada tahapan awal memungkinkan adanya pengembangan bisnis yang efisien. Semoga kisah awal mula Dropbox ini bisa menjadi inspirasi bagi startup-startup Indonesia untuk tidak pantang menyerah dan terus mengkaji kendala-kendala yang dialami.


Ruang Dijital
Ruang Bisnis