Keselamatan Di Area Graving Dock dan Floating Dock

Keselamatan Di Area Graving Dock dan Floating Dock



Keselamatan merupakan harga yang sangat tinggi dalam bekerja terutama pada industri yang high risk seperti di Dok Kapal.  Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi cerita mengenai langkah langkah pencegahan kecelakaan bagi surveyor atau officer yang bekerja di area dok.


  1. Saat masuk ke graving dock atau flothing dock pastikan air sudah terpompa keluar semua dan memastikan area telah aman.
  2. Selalu waspada akan kemungkinan benda-benda jatuh dari atas anda terutama ketika di dekat sisi lambung  kapal dan sisi samping dok. Kejadian benda tertimpa dari atas ini kerap terjadi di beberapa dok. Selama saya melakukan pengawasan kapal beberapa tahun lalu kejadian ini pernah terjadi.
  3. Lubang-lubang pembuangan air (gutters)  di dasar dock biasanya tertutup saringan, namun ada kalanya juga tutupnya hilang, dalam kasus seperti ini anda harus lebih berhati-hati, jangan sampai kaki anda terperosok kedalamnya.
  4. Kapal dengan garis-garis yang ramping (fine), biasanya lambung kiri dan kanannya disangga balok-balok kayu yang tertumpu pada dinding samping dok, untuk menahan agar kapal tidak terguling ke samping. Balok-balok kayu peyangga ini disebut “dock shores” atau “side shores” dan biasanya diikat kencang degan tali-tali pengaman. Dalam situasi normal, balok-balok tersebut tentunya tidak akan jatuh, namun anda haruslah mempperhitungkan situasi tidak normal dimana balok-balok tersebut bisa saja jatuh menimpa anda.
  5. Metode pembersihan lambung kapal dari kotoran-kotoran yang menempel seperti kerang-kerangan dan lumut algae dengan menggunakan semprotan air telah digunakan secara umum. Dampak langsung semprotan air terhadap badan manusia sangatlah berbahaya. Apabila dalam situasi anda harus mengecek area tersebut mintalah pekerja untuk mengalihkan/menghentikan semprotan air atau menunggu sampai pekerjaan tersebut selesai.
  6. Apabila jangkar-jangkar serta rantai-rantainya telah diturunkan dan digelar didasar dok untuk pemeriksaan, sangatlah berbahaya berada dibawah corong lubang jangka, terutama bila salah satu ujung rangkaian rantai jangkarnya masih tergantung diatas corong lubang tersebut, karena bisa saja ikatannya lepas atau putus dan sisa rantainya jatuh dan menimpa anda.
  7. Posisi berdiri diatas peranca disekitar baling-baling dan kemudi biasanya tidaklah nyaman dan komunikasi dari posisi-posisi ini ke kamar mesin kebanyakan kurang memadai. Jika mesin induk diputar saat anda sedang berada disana, maka daun baling-balingnya akan meroboohkan peranca.
  8. Pada floating dock atau dok apung biasanya tidak ada pagar dikedua ujungnya. Jika anda memeriksa haluan kapal yang menjorok keluar sambil berjalan mundur, berhati-hatilah karena bisa-bisa anda akan terpeleset dan jatuh ke laut.
Keselamatan Di Area Graving Dock dan Floating Dock


Demikian artikel tentang "Keselamatan Di Area Graving Dock dan Floating Dock", semoga beranfaat terutama bagi yang bekerja di area dock. Tetap semangat dalam bekerja dan jangan lupa safety first, keluarga anda menunggu di rumah ^_^.

Ruang Marine/Perkapalan