14 Tips Memulai Dan Mengembangkan Bisnis Startup

14 Tips Memulai Dan Mengembangkan Bisnis Startup
Startup merupakan organisasi yang berusaha menghasilkan produk dan mencari model bisnis yang tepat untuk berkembang. Di Indonesia sendiri istilah startup cenderung mengacu pada Perusahaan rintisan yang menggunakan unsur teknologi informasi pada produknya. 

Apabila jenis usahanya tidak berhubungan dengan teknologi informasi, biasanya disebut dengan UKM (Usaha Kecil dan Menengah).


Berikut ini 14 Tips Memulai Dan Mengembangkan Bisnis Startup:

#1 PASSION
Sebuah startup seharusnya dibangun dari passion foundernya. Membangun startup adalah perjalanan yang panjang. Akan sangat melelahkan jika startup yang kita bangun itu bukanlah sesuai yang kita sukai.

Namun, jika apa yang dikerjakan itu adalah passion kita, bergadang dan kerja di hari liburpun tidak terasa memberatkan.

#2 VISIONER
Seorang founder harus memiliki visi untuk startup-nya. Dia harus memiliki mimpi besar terhadap produk yang akan dia buat dimasa akan datang.

Dia tahu kemana startup nya akan dibawa. Visi itulah yang akan jadi panduan selama stratup itu berkembang.

#3 UMUR TAK JADI PATOKAN
Kita sering mendengar para founder dari startup yang sukses itu memulai startupnya dari masa remaja. ini dianggap wajar karena bidang teknologi dianggap sebagai dunia yang cepat sekali perkembangannya dan hanya anak muda kreatif yang bisa mengikuti dan mengembangkan ini. Tapi ini tidak sepenuhnya benar dan jagan sampai ini juga membuat kita jadi ragu-ragu untuk memulai startup di umur yang sudah tidak remaja lagi.

Jeff Bezos mendirikan Amazon saat berumur 30 dan Jack Dorsey ikut membidani kelahiran Twitter di umur 30 tahun.

Contoh founder di usia 40-an  adalah Mark Pincus yang memulai Zynga di umur 41 tahun.

#4 DROP OUT
Para miliuner teknologi sering dikaitkan dengan drop out saat masa kuliah. Padahal, ini tidak sepenuhnya benar. Orang-orang yang berani mengambil keputusan drop out kemudian memiliki sebuat startup yang luar biasa sukses adalah spesies founder yang super langka.

Mark Zuckerberg, Steve Jobs, dan Bil Gates adalah contoh drop out yang sering dipopulerkan media. Namun, jangan lupakan juga founder Google, yaitu Sergey Brin dan Larry Page yang keduanya adalah peraih gelar Ph.D, dari Stanford University.

Bahkan, founder Yahoo!, yaitu Jerry Yang dan David Filo, keduanya memiliki gelar Master of Science.

#5 PENGALAMAN KERJA
Ada Founder yang setelah lulus langsung fokus membangun startupnya, tanpa pernah merasakan bekerja di Perusahaan dahulu.

Namun, tidak sedikit juga founder yang pernah bekerja di Perusahaan orang lain, atau bahkan bekerja sambil membangun startup.

Bekerja di Perusahaan orang lain bisa memiliki keuntungan tersendiri, yaitu mendapatkan pengalaman, pelajaran, dan koneksi. Selain itu, secara finansial bisa juga untuk menabung modal startup yang akan didirikan nanti.

#6 BERANGKAT DARI MASALAH
Walaupun membangun startup itu dimuali dari passion, tetapi agar produk kita dipakai banyak orang itu artinya produk kita harus bisa jadi solusi bagi suatu masalah. 

Ide membangun Dropbox dimulai Drew Houston hanya bersebab dia berulang kali ketinggalan flash disk. Kasus dimulai karena Andrew Darwis sebagai mahasiswa Indonesia di luar negri butuh media untuk informasi update tentang situasi kondisi Indonesia.

#7 INTUISI YANG KUAT
Intuisi merupakan salah satu naluri yang perlu dimiliki seorang founder startup. Layaknya predator, seorang founder bisa merasakan dimana adanya peluang pasar untuk ditangkap. Intuisi ini yang jadi dasar visi dan arahan perkembangan suatu startup.

#8 MULAI DARI YANG GAMPANG
Tidak perlu mikir telalu berat-berat. Mulai membangun startup kita dari hal yang mudah dikerjakan. Belum tentu setelah kita mengembangkan apps yang super canggih atau web yang kece banget, lantas memiliki pengaruh untuk langsung meningkatkan pemasukan maupun traffic.

Terpenting, bikin dulu produk atau sesuatu yang bisa membuktikan asumsi kita, tanpa perlu menguras banyak sumber daya.

#9 LURUSKAN NIAT
Saat memulai startup, kita harus punya niat yang benar bahwa produk yang akan kita buat ini bisa memiliki dampak positif terhadap hidup seseorang.

Seorang founder sebaiknya jangan terlalu berfikir startup yang dibangun harus dibeli oleh venture capital, dapat duit, terus dia keluar (exit) dari startup tersebut.

#10 KALAU MENTOK, PIVOT!
Pivot adalah tindakan untuk mengubah arah suatu startup. Arah disini bisa berupa perubahan visi, perubahan pengembangan layanan, perubahan segmen konsumen yang diincar, dan sebagainya.

Intinya adalah memutuskan untuk melakukan hal baru tang bertujuan untuk menyelamatkan kelangsungan hidup stratup tersebut. Ada pivot yang perubahannya minor, namun ada juga yang ekstrim.

#11 JANGAN PUSING SOAL NAMA
Memilih nama sebuah startup itu gampang-gampang susah. Apabila, jika melibatkan lebih dari satu kepala. Nama, startup biasanya agak unik, karena nama-nama normal umumnya sudah diambil domain-nya, sehingga sebuah produk startup akhirnya memilih nama yang agak nyeleneh atau agak unik.

Terpenting, jangan terlalu lama dalam memilih nama. Apapun nama yang dipilih, kalau nantinya tidak sreg bisa kok diubah, setelah produk itu berhasil survive dan membuat banyak orang menggunakannya.

#12 CUEK DAN JALAN TERUS
Dalam perjalanan mengembangkan produk, mungkin akan ditemui jurnalis atau reviewer yang memberikan komentar jelek tentang produk kita.

Atau mungkin bahkan orang-orang ternama yang kita mintai pendapat tidak percaya terhadap kekuatan potensi kita.

Namun, kalau kita yakin, komentar-komentar tersebut nggak bakal bikin down, malah jadi cambuk semangat untuk membuktikan potensi yang sebenarnya.

#13 FAIL TO PLAN, PLAN TO FAIL
Membuat perencanaan adalah hal yang penting sebelum memulai sebuah startup. Usahakan membuat rencana yang jelas sehingga kita mudah melakukan evaluasi saat sudah menjalankannya.

Rencanakan juga bisnis model yang akan dijalankan. Dari mana uang akan datang, siapa saja yang perlu dijadikan partner strategis, resource apa saja yang dibutuhkan, dan sebagainya.

#14 KERJA KERAS
Kerja keras terdengarnya memang klise, tapi kenyataanya memang ini faktor yang menentukan.
14 Tips Memulai Dan Mengembangkan Bisnis Startup

Bill Gates mengatakan bahwa ia tidak pernah mengambil cuti di masa usia 20-an. Sekalipun satu hari, Wajar saja, dengan kengototannya seperti itu, Microsoft menjadi perusahaan teknologi yang besar dan Bill Gates kerap bertengger didaftar orang terkaya sejagad.

Demikian artikel 14 Tips Memulai Dan Mengembangkan Bisnis Startup. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Ruang Bisnis