Apa Itu Cinta??


Pada dasarnya membahas masalah cinta bukan hal yang enak, kecuali membahas cinta kepada Sang Pencipta (Allah SWT). Tapi disini saya akan membahas arti cinta dalam pandangan ilmiah.

Cinta itu terbentuk karena adanya zat kimia yang membanjiri otak kita. Saat menyukai seseorang, bagian otak kita yang bernama hypotalamus aktif memproduksi lebih banyak hormon oxytocin, yaitu hormon yang membuat rasa stres berkurang serta selain itu juga diproduksi hormon vasopressin, yaitu hormon yang mengatur tekanan darah kita.

Kedua hormon tersebut kemudian mengalir dalam sirkulasi otak dan merangsang hypotalamus aktif memproduksi dopamine, yaitu sebuah senyawa yang membuat pikiran kita tidak bisa lepas dari orang yang kita suka dan membuat juga seakan dunia milik berdua saja. ^_^.

Pada kasus diputusin cinta seseorang merasa sangat sedih dan terpuruk disebabkan oleh karena adanya konflik yang ada pada otak kita. Meskipun hubungan sudah berakhir, otak kita terus aktif memproduksi senyawa dopamine yang membuat pikiran kita tidak bisa lepas dalam memikirkan orang yang pernah mencintai kita. 

Disisi lain, bagian otak kita yang bernama orbital frontal cortex yang mengatur emosi dan kontrol diri kita ikut teraktifkan dan berusaha mengambil kontrol otak kita untuk melupakannya. Akibatnya terjadilah konflik di otak kita, dimana disatu sisi ingin melupakan orang tersebut tapi disisi lain kita tidak bisa melupakannya karena terus adanya motivasi didalam otak kita. Dari kejadian tersebut akhirnya membuat kita sedih yang sangat merana.

Ternyata cinta buta yang sering dikatakan orang-orang itu sebenarnya ada betulnya. Saat berbagai zat kimia yang membanjiri otak kita, jalur neurol negatif yang menghubungkan nukleus menuju amikdala dalam otak kita menjadi ternonaktifkan. Padahal jalur neurol inilah yang membuat kita bisa menilai baik dan buruknya sesuatu. Sehingga membuat kita tidak bisa menilai baik dan buruknya orang yang kita cinta atau biasa disebut cinta buta. ^_^

Sekian penjelasan singkat tentang Apa Itu Cinta?? Semoga bisa bermanfaat. Saran dari saya kalo lagi ada masalah tentang cinta, kalo tidak bisa diselesaikan, minta pertolongan ama Sang Pencipta (Allah SWT), karena baik, buruknya dan yang terbaik untuk kita hanya Allah yang tau dan jika sedang dalam dimabuk asmara, nikmatilah masa-masa indah tersebut ^_^ 


Sesakit Apapun Kejadian Yang Pernah Gw Alami. Gw Akan Selalu Ada Dan Menjadi Milik Orang Yang Gw Cinta, Walupun Tidak Sebaliknya. -HA-

Ruang Ilmu Pengetahuan Umum