Jakarta Kok Tambah Macet Yah??

Jakarta Kok Tambah Macet Yah
















Aktivitas keseharian banyak saya lakukan di kota Jakarta dan Saya heran kenapa sih makin lama Jakarta makin macet. dari salah satu data survey menyebutkan Jakarta merupakan Kota termacet di Dunia. Dari hasil melihat kerumitan kemacetan di jakarta bisa dirangkum beberapa faktor yang menyebabkan Jakarta tambah macet:


1. Transportasi umum yang belum memadai, tidak nyaman dan keamanannya masih kurang. Naik busway, bisnya kerap terbakar, naik bis/mikrolet suka kecopetan, naik commuterline sama juga kadang kecopetan kadang pelecehan seksual. 

Gara-gara kondisi ini warga Jakarta menjadi lebih memilih naik motor dan mobil pribadi dan angkanya tiap hari terus bertambah. Bayangkan setiap tahunnya pertambahan jumlah mobil di Jakarta 12-13% per tahun, sedangkan pertambahan ruas jalan hanya 0.01% per tahun. Itu artinya ada sekitar 6000 kendaraan baru tiap harinya di Jakarta semntara jalannya hanya segitu-gitu saja. 

Mirisnya lagi banyak mobil parkir sembarangan dan angkot ngetem seenaknya sampai berjam-jam di pinggir jalan yang menyebabkan macet bertambah parah. Belum lagi PKL yang buka lapak dipinggir jalan yang menambah "indah"nya kemacetan Jakarta. Kalo dibandingkan negara lain seperti Hongkong 90% warganya menggunakan transportasi umum, Singapura dan Mumbai 50%, sedangkan di Indonesia cuma 20% saja warganya menggunakan transporatasi umum.


2. Serbuan Warga Tanggerang, Bogor, Depok dan Bekasi yang bekerja di Jakarta. Ini Jumlahnya cukup fantastis, sekitar 10 juta Penduduk area tersebut mengadu nasib di Jakarta. Memang tidak bisa disalahkan warga-warga tersebut kaena memang pusat perekonomian banyak berada di Jakarta. Tugas Pemerintah yang harus melakukan pemerataan pembangunan di Indonesia agar tidak terpusat di Jakarta.

Jakarta Kok Tambah Macet Yah??


















3. Sebagian pejabat-pejabat yang ngakunya pro Rakyat tapi kalo dikasih uang suap tetap mau, yang menyebabkan kebijakan-kebijakan tentang transportasi menjadi mandul. Tidak ada upaya penekanan jumlah mobil baru yang keluar terutama mobil murah.

Dari faktor-faktor penyebab macet kota Jakarta diatas semoga Pemerintahan sekarang bisa menyelesaikannya dengan lebih cepat dan tepat dengan sedikit demi sedikit moda transportasi dibuat dan dibenahi seperti monorail yang konon katanya 2018 sebagian sudah ada yang selesai dan memperpanjang akses busway. 

Ruang Ilmu Pengetahuan Umum