Cak Lontong Dan Cerita Hidupnya



















Salah satu comic yang berasal dari Surabaya ini merupakan comic idola saya. Pada dasarnya saya bukanlah orang yang suka dengan acara standup comedy yang lumayan booming saat ini, sehingga beberapa station tv menyiarkan acara seperti ini atau menyisipkan standup comedy di acara talk show. Sebagian orang berfikir standup comedy itu lebih condong bagi peminat hiburan yang cerdas dan punya selera humor yang tinggi, tapi sayangnya saya kurang suka dengan hiburan yang harus mikir dulu baru bisa tertawa. ^_^. 


Lis Hartono atau lebih dikenal sebagi Cak Lontong lah yang membuat saya jadi suka standup comedy, karena pembawaannya santai, tidak menjatuhkan orang lain sebagai object atau bahan lawakannya dan tetap cerdas mengeluarkan joke2 yang fresh tapi ringan. 

Cak Lontong adalah komedian asal Jawa Timur yang lahir di Magetan 7 Oktober 1970 dan sempat mengemban pendidikan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Jurusan Teknik Elektro. Dari background pendidikannya, bisa dipastikan beliau ini termasuk orang yang cerdas. Karena untuk masuk ITS, apalagi dengan jurusan Teknik Elektro diperlukan kecerdasan yang mumpuni karena termasuk jajaran jurusan yang memiliki passing grade yang tinggi.

Karir Cak Lontong dimulai pada tahun 1990an. Pada saaat itu dia bersama-sama teman kampusnya mengisi acara komedi kampus di SCTV, selanjutnya Cak Lontong juga pernah mengisi acara komedi di Indosiar yang disiarkan secara live mingguan sampai tahun 1996.

Cak Lontong sempat menjadi karyawan di Perusahaan Jepang sebagai mechanical elctro yang mengurusi kontrol kualitas chip dan tahun 2000 memutuskan keluar dari pekerjaan dan memilih komedi sebagai pilihan hidupnya. 

Pada 2004 Cak Lontong memutuskan untuk menetap di Jakarta dan ikut meramaikan acara Republik BBM. Beriring waktu, job Cak Lontong pun terus datang, mulai dari lawakan standup comedy sampai bermain dalam kelompok komedipun dia lakoni.

2 Tahun belakangan ini nama Cak Lontong semakin dikenal orang dengan jargonnya "salam lemper" dan "mikir" membuat dirinya masuk dalam jajaran komedian yang cukup diperhitungkan di Indonesia. Saat ini Cak Lontong menjadi salah satu komedian di Indonesia Lawak Klub (ILK) TvOne. Cak Lontong terkenal dengan lawakan yang fresh, lucu dan mengena tanpa menjelek-jelekan dan merendahka pihak lain. Lawakannya sederhana, dibalut dengan sedikit logat khas Surabaya dan disampaikan dengan bahasa baku terstruktur, tapi mengandung logika yang agak nyeleneh yang membuat penontot untuk berfikir, :D
Cak Lontong Dan Cerita Hidupnya

Cak Lontong juga terkenal sebagai ahli silogisme dan kadang suka menyelipkan peribahasa buatannya sendiri. Salah satu peribahasa favorite saya dari Cak Lontong adalah:

"Sebenernya jomblo itu bukannya tidak laku, hanya saja tidak ada yang mau"  

Ruang Ilmu Pengetahuan Umum