Perseteruan Grand Slam Australian Open 2016

Grand Slam Australian Open 2016


















Perseteruan Grand Slam Australian Open 2016 sudah di mulai dari 2 pekan ini. Ajang paling prestisius bagi pemain tenis dunia berlomba untuk ikut bergabung dan memenangi kejuaraan ini. Australian Open merupakan kejuaran Grand Slam yang diadakan tiap tahun dan diikuti dari ratusan pemain dari seluruh dunia. Pada tahun ini persaingan di ajang besar ini sangat seru sekali, karena seluruh pemain Top dunia baik dari pemain pria maupun wanita ikut dalam pertandingan ini.


Petenis pria yang diunggulkan memenangi Australian Open 2016 adalah Novak Djokivic, sementara di golongan wanita yang diunggulkan adalah Serena Wiliams. Dibabak awal Australian Open 2016 deretan petenis Top dunia tidak menemui kendala besar dalam merebut kemenangan. Hanya beberapa petenis top yang terjegal di babak awal. Di golongan pria, Mantan Petenis No.1 Dunia Rafael Nadal harus rela angkat kaki dalam ajang ini di 1R dan Marin Cilic yang terjegal di 3R. Sementara itu di golongan wanita. Simona Halep yang saat ini menduduki peringkat 2 dunia harus menerima kekalahan di 1R dari Shuai Zhang, pemain asal China yang harus berusah payah dulu di babak kualifikasi untuk masuk ke babak 1R. Saat ini Shuai Zhang berhasil masuk ke babak 16 besar. Nasib buruk juga dialami pemain Amerika Serikat Venus William (10) yang sempat bertengger di peringkat 1 dunia dan sekaligus kakak kandung dari Serena Williams. Venus William harus legowo menerima kekalahan di babak awal 1R.

Di tahun ini Australian Open 2016 menaikkan total hadiah uang yang diterima pemain sebesar 10%. Jumlahnya sangat fantastis, sangat wajar profesi sebagai pemain tenis sangat menjanjikan dan merupakan cita-cita saya yang tidak terwujud. hehehe.

Grand Slam Australian Open 2016 Total Prize































Hanya bisa masuk dibabak awal grand slam saja pemain single sudah mendapatkan $34,500 (Hampir Rp50.000.000), apalagi bisa memenangkan pertandingan ini, pemain akan mendapatkan $3.85juta (Hampir Rp50.000.000.000). Petenis Asia Single yang paling sukses dikejuaraan ini adalah Na Li yang bisa mengangkat tropi Australian Open pada tahun 2014.

Di babak Semifinal nanti sepertinya jejeran petenis peringkat 5 besar akan tetap mendominasi terutama di Golongan Pria: Novak Djokovic, Roger Federer, Andy Murray, Wawrinka. Petenis asia terbaik Kei Nishilori seperti akan menemukan lawan tersulitnya. Di babak Perempat Final Kei Nishikori akan bertemu dengan Novak Djokovic. 

Di golongan wanita. pertandingan yang diharapkan dapat ditonton pada babak final, ternyata terjadi pada babak perempat final. Serena William dan Maria Sarapova bertemu pada babak perempat final untuk memperebutkan tiket ke Semifinal.

Semoga kedepannya Indonesia memiliki atlet tenis yang memiliki prestasi di kancah grand slam, melebihi prestasi yang pernah diraih Yayuk Basuki, A.Widjaja, Wine Prakusya.

Ruang Olahraga