Menghemat Penggunaan Bahan Bakar Kapal

Menghemat Penggunaan Bahan Bakar Kapal
Dalam sebuah Perusahaan penghematan dan optimalisasi dalam berbagai aspek sering menjadi wacana hangat dalam tiap rapat bulanan. Optimalisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan Perusahaan, kesejahteraan karyawan, dll.

Pada Perusahaan Pelayaran jika di klasifikasikan pengeluaran perusahaan sebagai berikut:
  1. BBM (tergantung model usaha)
  2. Technical (Docking, Maintenance, Repair, Survey & Certificate).
  3. Supply & Purchase.
  4. Insurance.
  5. Marine & Personel .
  6. Miscellaneous.
Dari 6 point diatas BBM mengambil bagian terbesar, dengan persentasi kurang lebih 40%. Kesadaran akan besarnya biaya BBM, membuat para Top Management Perusahaan Pelayaran membuat berbagai macam solusi untuk menghemat penggunaan bahan kapal pada armadanya. Beberapa Perusahaan memilih untuk mencari BBM dengan harga murah sehingga total pengeluaran BBM bisa lebih hemat. Padahal BBM dengan harga murah (jauh dari harga pasar normal) memiliki kualitas yang tidak bagus dan dampaknya malah merusak kapal. Dan yang parahnya lagi bisa menyebabkan engine failure. Biaya yang ditimbulkan dari kejadian ini malah besar.  Biaya perawatan menjadi lebih tinggi dan mengurangi hari kerja dari kapal akibat mogok. 

Disini saya ingin bercerita tentang bagaimana menghemat pengunaan bahan bakar kapal dengan cara mudah dan tidak mengeluarkan biaya banyak. Berikut cara menghemat penggunaan bahan bakar kapal:

1. Membuat Tim Khusus (terdiri 2-3 orang tergantung jumlah armada)

Tim khusus ini bertugas melaksanakan inspeksi ke kapal dengan waktu yang random untuk mengecek penggunaan dan jumlah BBM di kapal dan membuat laporan penggunaan BBM sehingga bisa dianalisa penggunaan BBMnya. Dengan membuat tim khusus ini juga mencegah crew kapal melakukan "pencurian BBM" ^_^ dan mengetahui actual consumption rate kapal sehingga bisa mengestimasi penggunaan BBM kapal lebih akurat.


2. Merasionalkan gaji crew

Merasionalkan gaji crew kapal terutama kapal2 lokal (Tug & Barges) dan dilakuakn penegasan lebih ketat lagi bagi crew kapal yg melakukan "penjualan/penimbunan BBM" langsung di black list. Langkah ini dilakukan untuk menjaga keadilan terhadap pekerja sehingga bisa bekerja dengan maksimal dan mengurangi "penjualan/penimbunan BBM" oleh crew kapal.


3. Menggunakan cat dengan kualitas yang baik pada lambung kapal

Pengguaan cat dengan kualitas yang baik terutama pada anti fouling paint membuat badan kapal menjadi licin dan mengurangi tritip yang menempel pada badan kapal yang tercelup dalam air, sehingga hambatan gesek dan permukaan basah kapal yg tercelup dalam air (WSA) menjadi berkurang. Sebagai tambahan informasi WSA dapat bertambah akibat tritip yang menempel pada lambung kapal. Pengunaan anti fouling dengan kualitas yg baik tidak akan berjalan maksimal ketika aplikasi pengecatan yang dilakukan tidak mematuhi prosedur pengecatan. aplikasi pengecatan perlu dilakukan pengawasan oleh perwakilan Perusahaan. 
Inti dari cara ini untuk mengurangi hambatan total kapal dengan mengurangi hambatan gesek kapal.


4. Mengatur optimalisaisi triming (kondisi kapal secara memanjang)  kapal

Tidak banyak perusahaan Indonesia menggunakan metode ini. Cara menghemat penggunaan bahan bakar kapal dengan mengatur triming kapal.
Konsep sederhananya ketika kapal mengangkut muatan, sarat kapal (tinggi badan kapal yang tenggelam) akan berubah dan trim haluan/buritan kemungkinan juga berubah. Engine matching kapal dan hambatan total kapal akan berubah rubah pada kondisi kapal tertentu. Untuk mengetahui kondisi yang optimal pada kondisi tertentu diperlukan suatu cara untuk mengatur trim kapal dengan ballast. Untuk mengetahui trim yang optimal pada kondisi tertentu sekarang sudah ada software lokal yang bisa digunakan (Indonesia Marine Home). bisa contact ke hairulachsan@gmail.com. ^_^


Dengan 4 Cara Menghemat Penggunaan Bahan Bakar Kapal diatas akan menghemat kurang lebih 10%  dari penggunaan BBM Perusahaan Pelayaran. Dengan Modal yang sangat minim ternyata penghematan bisa dilakukan dengan maksimal. ^_^
Biar saya tambah semangat nulis tentang hal2 lain yang bermanfaat, bisa minta tolong di subscribe blog saya  ^_^. hehehe 
Terima kasih.

Ruang Marine/Perkapalan