5 Kriteria Ideal Posisi Technical Superintendent Untuk Perusahaan Pelayaran

5 Kriteria Ideal Posisi Technical Superintendent Untuk Perusahaan Pelayaran
Bagi para engineer yang sudah malang melintang di dunia Pelayaran pasti sudah tidak asing lagi dengan pekerjaan Technical Superintendent. Tapi untuk sebagian Fresh Graduate istilah Technical Superintendent banyak yang masih kurang paham. Technical Superintendent di Perusahaan Pelayaran merupaka suatu jabatan yang mengontrol kondisi kapal/kapal-kapal secara harian (terutama dalam hal teknikal) sehingga kapal/kapal-kapal tersebut siap beroperasi ketika dibutuhkan. Jabatan Technical Superintendent cukup memegang peranan penting dalam Perusahaan Pelayaran,, sehingga banyak Perusahaan memasang kriteria yang cukup tinggi untuk orang yang menduduki posisi tersebut. Gaji yang ditawarkanpun cukup menarik, ditambah lagi dengan uang dinas yang didapatkan hampir setiap bulannya.


Berikut ini 5 Kriteria Ideal Untuk Menjadi Technical Superintendent Untuk Perusahaan Pelayaran:

1. Mantan KKM (Kepala Kamar Mesin) minimal ATT2 atau Lulusan S1 Jurusan Teknik (sebaiknya dari T.Perkapalan, T.Sistem Perkapalan, atau T.Mesin) yang sudah berpengalaman kerja di Perusahaan Pelayaran minimal 2-3 tahun, kalau yang masih Fresh Graduate sebaiknya dijadikan asst.Technical Superintendent dulu untuk menyesuaikan lingkungan kerja, memperluas wawasan dan ilmu.

2. Sehat Jasmani dan Rohani.
Pekerjaan seorang Technical Superintendent rata-rata 50% di kantor 50% diluar kantor (Galangan Kapal, Visit ke kapal, Workshop, dll). Dibutuhkan fisik yang kuat, kalo yang gampang sakit atau tidak suka bekerja diluar waktu 8-5 (office hour), sebaiknya jangan memilih untuk menjadi Technical Superintendent. Untuk postur tubuh sebaiknya seorang Technical Superintendent memiliki badan yang fit. Tidak gemuk dan tidak terlalu kurus. Yahh..seperti saya gitu badannya :D. Selain itu diperlukan sehat Rohani, karena akan banyak ditemukan "godaan-godaan" yang bisa menjerumuskan "kemaksiatan" ^_^. Saya sangat percaya ketika kitanya baik insyaAllah pekerjaan yang dikerjakan akan baik pula hasilnya. Mempunyai Integritas, Jujur, dan Tegas merupakan kunci utamanya.

3. Time Management yang Baik
Pengaturan waktu yang baik sangat diperlukan bagi seorang Technical Superintendent. Dengan beberapa kapal yang di awasi setiap harinya dan membuat laporan tiap bulannya, serta harus mampu menyelaraskan goal dari Top Management / Perusahaan terhadap perilaku Anak Buah Kapal (ABK) sebagai orang-orang yang secara langsung mengoperasikan kapal Perusahaan. Diperlukan sosok yang konsisten dan ulet dalam mengemban tugas sebagai Technical Superintendent.

4. Mengetahui dan Memahami Regulasi dan Ilmu yang Terkait.
Seorang Technical Superintendent tidak hanya dibutuhkan pengalaman/jam terbang yang sudah tinggi. Pengalaman kerja yang lama tidak menjadi patokan seseorang dapat menjadi Technical Superintendent yang qualified, apabila jarang me-refresh ilmu nya dan meng-update regulasi2 baru, baik itu dari biro klasifikasi maupun regulasi statutori dan Pemerintah.
Ilmu yang wajib dikuasai seorang Technical superintendent:
  • Memahami dan mampu mengaplikasikan management perawatan kapal, baik menggunakan sistem paper based ataupun menggunakan software. (contohnya PMS CI8).
  • Memahami dan mampu mengaplikasikan peraturan Classification Society Rules, IMO, ILO, International Convention dan Codes.
  • Minimal mampu mengoperasikan Microsoft Office.
  • Memahami Ilmu Struktur dan Sistem Permesinan Kapal.
  • Memahami ilmu Budgeting and Cost Control.
  • Perencanaan, Pengawasan dan Evaluasi Dry Docking kapal.
  • Memahami Vendor Management.
  • Memahami Marine Insurance dan Serifikat2 yang terkait dengan kapal.
  • Communication Skill, untuk mengkomunikasikan antara goal yang diinginkan Perusahaan terhadap ABK, begitu pula sebaliknya.  Selain itu diperlukan juga kemampuan komunikasi yang baik dalam hubungannya dengan pihak ketiga.
5. Suka Traveling dan berinteraksi dengan banyak orang.
Ini hal wajib yang harus ada dalam diri seorang Technical Superintendent di Perusahaan Pelayaran, karena hampir setiap harinya harus berinteraksi dengan banyak orang baik itu bertemu langsung ataupun dengan email dan telepon. Seorang Technical Superintendent pun harus memiliki jiwa petualang yang sanggup setiap saat untuk pergi ke kapal dalam kondisi urgent atau mengawasi pekerjaan perbaikan kapal di galangan berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan lamanya.

Demikian 5 Kriteria Ideal Posisi Technical Superintendent Untuk Perusahaan Pelayaran versi www.hairulachsan.com. Semoga bermanfaat ^_^. Sebagai tambahan range gaji untuk Jr.Technical Superintendent di Perusahaan Pelayaran lokal Rp4.000.000 s/d Rp8.000.000. Untuk Sr.Technical Superintendent di Perusahaan Pelayaran Lokal Rp8.000.000 s/d Rp16.000.000.
Biar lebih semangat lagi nulis artikel yang bermanfaat, bisa minta "subscribe"nya dengan mengisi alamat email di halaman utama sebelah kanan. Terima kasih ^_^

Ruang Marine/Perkapalan