5 Hal Yang Bikin Gagal Diet

5 Hal Yang Bikin Gagal Diet


Setiap nimbang rasanya kesal terus. Berat badan kok gak turun2 padahal dah ngurangin makan dan sudah gak makan malam lagi. Ada banyak faktor orang gagal diet atau sudah turun 5 kilo bahkan lebih dengan metode ekspress kedokteran atau dengan cara herbal tapi beberpa bulan berikutnya naik lagi. Berikut ini 5 hal yang bikin gagal diet:

1. Dalam sebulan bisa 3-4 kali datang ke acara resepsi pernikahan

Saya kalo datang ke acara pernikahan di hotel bintang lima terutama di Hotel Mulia / Ritz Carlton. Kayak orang yg belum makan dua hari terus disuguhkan makanan kesukaan. hampir semua menu saya cicipi. Coba kalo kita hitung kalorinya mungkin lebih 6000 kalori yang kita makan setiap ke undangan pernikahan. Sedangkan jumlah kalori normal yang kita konsumsi dalam sehari seharusnya sekitar 2000. Lebih 3 kali lipat ^_^. Kalo mau kurus lagi 2 hari kedepan gak makan alias puasa. Cuma minum air putih doang. hahaha


2. Acara Gathering / Acara kantor di Resto Mewah.


Ini saat-saat yang jarang terjadi. Makan di resto mahal tanpa liat harga di menu makanannya. Moment ini menjadikan orang brutal, termasuk saya :D . Seringnya milih steak tenderloin, seafood, dimsum, dessert (segala macamnya :P ), dan cookies, cake yg lucu2 bentuknya. Dengan alibi hari ini aja deh g diet, setengah menu di cobain semua. Alhasil diet gagal total. 


3. Ngabisin Sisa Makanan di Rumah.

Saya merupakan tipe orang yang gak bisa liat makanan dibuang. Sebisa mungkin pasti saya makan, karena mubazir dan pernah merasakan susahnya cari makan dan merasakan kelaparan :D, hal ini lah yang membuat kebanyakan orang dengan tipe seperti saya gagal diet. Pagi sampai sore sudah bagus pola makannya, pas malam liat di meja makan ada martabak tergeletak 4 biji (800kalori). Kepikiran kalo ditinggal besok paginya kemungkinan dibuang. Alhasil di lahap dong dan diet lagi-lagi gagal deh ^_^. 


4. Traktir Makan Keluarga / Teman, Makanan Bersisa dan Akhirnya Diabisin Sendiri

Hampir sama kayak yang no.3 tapi kasusnya beda. Biasanya kalo ada rezeki kita suka mengajak makan keluarga keluar or ngajak temen/pasangan makan diluar saat hari special. Kalo saya biasanya pesan makan sesuai dengan kapasitas dan kalori yang akan saya makan (terutama kalo bayar sendiri/traktir orang :D ).  Tapi lain halnya dengan orang yg kita traktir kan suka kalap. Pengen icip2 beberapa menu makanan, tapi pas di coba sedikit, gak suka dan tidak dihabiskan. Alhasil saya makan semua sisa2nya. Yap..diet gagal dan gagal. :D


5. Salah Kaprah Dengan Jumlah Makanan yang Dikonsumsi.

Ini sering terjadi bagi orang2 yang sedang mengalami diet. Salah memilih makanan atau menambah (costum) makanan yang kita konsumsi sering menyebabkan orang gagal dalam dietnya. Sebagai contoh. Buah sangat bagus untuk kesehatan dan rendah kalori. Tapi mengkonsumsi buah dengan menambah santen, gula, susu full cream akan merusak diet yang sedang dilakukan contohnya pada es campur atau sop buah, yang memiliki kandungan gula, susu full cream, dan santen. Cara menanggulanginya kurangi gula, susu full cream dan jangan menggunakan santen. Karena buah sendiri sudah manis.

Contoh lainnya saat memesan minuman di coffeshop. Sering kita beranggapan kalau teh itu low calorie/tidak ada kalori, jadi kalo ditambah susu sedikit paling cuma nambah 40-60 kalori. Itu salah besar. Kandungan kalori dalam Green Tea Latte Starbucks, size grande sebesar 350kalori. 350 kalori itu sepadan dengan nasi putih satu piring dengan telur dadar.  Cara mengurangi kalorinya sangat mudah dengan mengganti milk pada green tea latte dari full cream menjadi non fat. Ini bisa mengurangi 60 kalori dari minuman tersebut. ^_^.

Ruang Kehidupan
Ruang Kesehatan